4 Manfaat Layanan Fisioterapi untuk Pasien Stroke

Stroke merupakan penyakit yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak, sehingga kemudian mengganggu kinerja dari beberapa saraf tubuh, menyebabkan penderitanya mengalami kelumpuhan, baik itu kelumpuhan secara total maupun juga lumpuh sebagian. Penderita stroke harus mendapatkan pengobatan secara tepat untuk bisa sembuh dari masalah kesehatan yang mereka alami, umumnya pengobatan yang dilakukan tak sekedar konsumsi obat saja, melainkan juga harus ditunjang dengan layanan fisioterapi.

Fisioterapi ini digunakan untuk membantu agar bisa beraktivitas seperti sedia kala. Dampak yang disebabkan dalam diri seseorang setelah terserang stroke ini pada dasarnya memang sangat banyak, mulai diantaranya adalah kesulitan berjalan, tidak mampu berbicara, mati rasa pada sebagian besar anggota tubuh seperti diantaranya adalah wajah, lengan sampai dengan kaki, pusing, pandangan kabur serta masih banyak lagi yang lainnya. Inilah yang membuat penyakit ini sangat ditakuti, karena memang bisa menurunkan kualitas hidup penderitanya, sehingga Anda juga patut waspada.

Sebenarnya penyakit berbahaya semacam ini juga dapat dicegah jika seandainya Anda menerapkan pola hidup yang sehat sedini mungkin. Namun bagi seseorang yang sudah terlanjur terserang penyakit tersebut mau tak mau tentunya harus menjalani pengobatan agar bisa sembuh, konsultasi ke dokter, minum obat secara rutin dan juga mengikuti jadwal fisioterapi secara rutin. Ada banyak manfaat layanan fisioterapi ini bagi pasien yang terkena stroke, diantaranya adalah:

  1. Mencegah kekakuan tubuh pasien, setelah terkena stroke umumnya banyak anggota tubuh yang tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Karena memang mengalami mati rasa sampai dengan kelumpuhan. Hal ini membuat pasien menghabiskan sebagian besar waktunya di atas ranjang ataupun duduk saja, tak heran jika seandainya tubuh menjadi kaku, namun dengan adanya latihan fisioterapi secara rutin hal ini otomatis akan membuat tubuh juga tidak akan kaku seperti dulu lagi, membantu merangsang agar aliran darah menjadi lancar lagi, sehingga tubuh tidak sekaku dulu.
  2. Membantu pasien untuk bisa melakukan gerakan-gerakan dasar seperti dulu, manfaat lainnya yang juga dapat Anda rasakan adalah untuk membantu dalam melakukan gerakan-gerakan dasar seperti dulu lagi, jadi paling tidak bisa menggerakkan tangannya, kemudian juga bisa berjalan meskipun tidak selincah dulu. Layanan fisioterapi ini biasanya akan mengajarkan untuk mempelajari gerakan-gerakan ulang pada tubuh yang sulit dilakukan pasca terkena stroke.
  3. Membantu dukungan moral bagi pasien, terkadang keluarga sendiri mungkin tidak bisa memberikan dukungan moral pada pasien, namun terapis ini tak sekedar membantu melakukan kegiatan fisioterapi saja, melainkan nantinya mereka juga akan memberikan motivasi-motivasi serta dukungan kepada pasien yang terserang penyakit tersebut. Karena kelumpuhan sering kali membuat pasien merasa hidup tak lagi berguna, hanya akan memberatkan orang lain.
  4. Memberikan edukasi kepada keluarga, termasuk juga nantinya keluarga pasien dapat diajari bagaimana caranya memberikan latihan-latihan yang bisa membantu pengobatan pasien tersebut, agar nantinya selain pada sesi fisioterapi dengan terapis, juga akan dilakukan latihan sendiri di rumah bersama dengan keluarga pasien tersebut, sehingga hasil terapi juga jauh lebih optimal dari sebelumnya.

Di masa pandemi seperti sekarang ini mungkin Anda juga mengkhawatirkan mengenai fisioterapi di rumah sakit atau fasilitas kesehatan, karena memang resikonya tinggi untuk tertular Covid-19, akan sangat berbahaya bagi orang yang sudah punya penyakit sebelumnya. untuk itu lebih aman cari fisiterapis yang bisa datang ke rumah. Tak perlu khawatir Anda bisa memesannya lewat layanan dari Aido Health.